FAQs
SISTEM PPR
Apa itu PPR?


PPR berarti polypropylene random copolymer, sebuah thermoplastic mengandung ikatan rantai carbon dan hidrogen. Huruf "R" mengacu pada campuran random pada rantai hidrocarbon panjang dan pendek yang menjadikan sifat padat dan fleksibel, menghasilkan material dengan sktruktur yang kuat yang dapat menyerap benturan dan defleksi.

Pipa dan fitting polypropylene random copolymer (PPR) cocok digunakan untuk plumbing pada mechanical dan di aplikasikan di area industrial di seluruh dunia. Pipa terbuat dari PPR bersifat rigan, non korosif, tidak berkarat, dan halus. Pipa ini akan bebas dari kebocoran secara permanen dengan metode penyambungan hot-fusion daan leak-fee joints.

Apa itu SDR?


Standard Dimension Ratio (SDR) adalah sebuah metode penialain durabilitas pipa terhadap tekanan. SDR mengacu pada korelasi antara dimensi pipa dan ketebalan dinding pipa.


Apa itu koefisen ekspansi thermal pada pipa PPR RIIFO?


Koefisien ekspansi thermal untuk pipa PPR RIIFO mendekati 0.16 (mm/m K).


Ukuran apa yang tersedia?


Ukuran outer diameter yang tersedia: 20, 25, 32, 40, 50, 63, 75, 90, 110.


Apakah pipa PPR berpengaruh pada kualitas air minum?


Tidak, Pipa PPR RIIFO telah tersertifikasi NSF/KTW, PPR RIIFO bersifat non toxic, dan tidak mudah terkontaminasi bakteri.


Apa fungsi garis warna pada pipa ?

Garis warna pada pipa digunakan untuk membedakan kondisi kerja pipa. Merah menunjukkan pipa air panas, dan biru menunjukkan pipa air dingin


Metode sambungan apa yang digunakan pipa PPR RIIFO dan apa persyaratannya?

Berdasarkan properti material PPR dan metode penyambungan dengan out - fusion welding, Pipa PPR RIIFO menggunakan pemanasan agar titik sambungan mencapai titik leleh lalu meleleh, kemudian menggunakan metode socket untuk menggabungkan pipa dan fiitng.


SISTEM PIPA MULTILAYER
Apa itu Pipa Multilayer RIIFO?

Pipa Multilayer RIIFO disebut juga sebagai PAP, kualitas Multilayer RIIFO yang tinggi untuk air minum dan instalasi panas termasuk lapisan bagian dalam dan luar dengan cross-linked polyethylene (PEX) dan bagian inti aluminium (Al). Semua lapisan terikat secara permanen oleh lapisan adhesive untuk menjadikan produk utuh. Teknik welding spesial menjamin keamanan maksimum.

Pipa Multilayer RIIFO mengkombinasikan keunggulan plastik dan pipa metal. Lapisan bagian dalam dan luar dari PEX menyediakan fleksibilitas dan ringan. Kehalusan sisi bagian dalam PEX mengurangi transmisi flow noise dan menghindari korosi. Lapisan welding alumiium yang overlap secara longitudinal memastikan stabilitas dimensi pipa dan mencegah penetrasi oksigen. Lapisan Al juga penting untuk kekuatan dan ekspansi termal pipa. Dengan ikatan permanen antara lapisan PEX dan lapisan Al, pemuaian linier pipa ditentukan oleh faktor muai Al yang kira kira ama dengan faktor muai pipa logam. Pipa Multilayer RIIFO menawaekan fleksibilitas dan daya tahan yang tinggi, dipadukan dengan ketahanan terhadap tekanan dan suhu tinggi


Apakah mudah untuk instalasi pipa Multilayer RIIFO? Apakah membutuhkan alat special?

Pipa Multilayer RIIFO dapat digunakan untuk berbagai jenis tipe koneksi dan sangat mudah untuk diinstal, tetapi kami merekomendasikan untuk mempercayakannya pada aplikator professional untuk instalasi


Apakah Pipa Multilayer RIIFO dapat digunakan untuk pipa penghangat lantai?

Ya, Pipa Multilayer RIIFO cocok untuk aplikasi tersebut


Apakah saya dapat menggunakan udara untuk menguji tekana Pipa Multilayer RIIFO?

Ya, Namun, uji tekan dengan udara bertekanan tinggi dapat berbahaya apabila tidak dilakukan dengan benar. Banyak pengujian dengan udara hanya dapat dilakukan dengan teknisi berkompeten yang telah terlatih yang dapat dikonfirmasi kepada tim teknis RIIFO sebelum pengujian


Berapakah koefisien ekpansi termal untuk Pipa Multilayer RIIFO?

Koefisien ekspansi termal pipa Multilayer RIIFO mendekati 0.025 (mm/mK).


Apakah Pipa Multilayer RIIFO dapat ditembus oleh udara dan cahaya?

Lapisan Aluminium memiliki oxygen barrier yang luar biasa (Oxygen Permeabilty <0.01mg/m2.day0 dan kegelapan.


Berapa radius minimum untuk membengkok Pipa Multilayer RIIFO ?

Sesuai dengan nominal diameter (De) dan tidak lebih besar dari 32 mm, Radius pembengkokan pada pembengkokan langsung, berpusat pada sumbu pipa, tidak boleh lebih dari 5x ukuran pipa


SISTEM PIPA PEX
Apa itu PEX?

PEX adalah cross-linked polyethylene, yakni sebuah bentuk polyethylene dengan prosed cross-links. Pipa ini biasa digunakan untuk sistem perpipaan servis pada gedung, contohnya hydronic radiant heating and cooling system. PEX adalah sebah alternatif polyvinyl chloride (PVC), chlorinated polyvinyl chloride (CPVC) atau copper tubing untuk pipa air di area residensial


Apa perbedan piap PEX merah dan biru?

Performa kedua pipa sama, warna hanya digunakan untuk membedakan jalur air panas dan dingin.


Apakah pipa PEX tahan beku?

Ya, pipa PEX tahan terhadap pembekuan. Pipa PEX dapat mengembang sampai batas tertentu saat dibekukan, dan menyusut pada bentuk aslinya saat dicairkan. Namun, pipa PEX tidak anti beku, dan anda harus melakukan tindakan pencegahan isolasi standar untuk menghidari pembekuan.


Apa perbedaan PEX-A, PEX-B, dan PEX-C ?

Semua telah mencapai standar performa yang sama, namun proses manufakturnya berbeda.

PEX-A . Metofe Peroksida - Melibatkan peroksida (sebuah bentuk oksigen) menjadi HDPE sebelum membentuk HDPE untuk mencapai suhu tertinggi pada proses cross-link

PEX-B. Metode Siliane - Metode yang paling umum digunakan pada proses manufaktur

PEX-C. Metode irradiasi - Metode ini tidak terlalu luas digunakan.


Apakah pipe PEX RIIFO dapat ditanam secara langsung?

Pipa PEX RIIFO dapt ditanam secara langdung pada tanah atau dinding. Untuk keamanan dan kecepatan instalasi, kami merekomendasikan untu kmenggunakan pre-sleeved pipa PEX


SISTEM PEMANASAN LANTAI RADIANT
Apa keuntungan menggunakan sistem underfloor heating

Nyaman : Menghangatkan seluruh lantai, sehingga hangat dipancarkan secara merata. Berarti tidak akan terjadi situasi tertalu panas dan terlalu dingin

Biaya operaasional yang rendah : Dibandingkan dengan sistem pemanasan radiator, Sistem Underfloor Heating RIIFO dapat mengakomodasi ruangan lebih. Apabila di instal dengan benar, Sistem underfloor heating dapat membantu untuk menghemat energi dan menghemat biaya tagihan bulanan anda

Desain yang fleksibel : Sistem UFH tidak terlihat karena mereka ternsembunyi di bawah lantai, menjadikannya ideal untuk hidup.


Apakah sistem underfloor heating saya membutuhkan manifold?

Manifold pemanas menyediakan aliran yang independen dan jalur balik untuk setiap radiator, membuatnya lebih mudah untuk mengontrol kebutuhan energi setiap radiator, sehingga dapat memberikan kehangatan yang seragam dan nyaman di seluruh lantai.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panas di lantai naik ke atas?

Untuk yang dipasang di lantai kayu yang terisolasi dengan baik, sistemnya akan memanas dalam waktu 1 jam. Jika Anda menggunakannya di lantai beton yang tebal dan tidak berinsulasi, mungkin perlu waktu hingga 3 jam untuk memanas.



Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panas di lantai naik ke atas?

Untuk yang dipasang di lantai kayu yang terisolasi dengan baik, sistemnya akan memanas dalam waktu 1 jam. Jika Anda menggunakannya di lantai beton yang tebal dan tidak berinsulasi, mungkin perlu waktu hingga 3 jam untuk memanas.


Apakah pemasangan pemanas lantai mempengaruhi ketinggian lantai?

Ya. Memasang sistem underfloor heating akan meningkatkan ketinggian lantai, karena pipaunderfloor heating perlu dipasang di atas papan pemanas lantai, dan tindakan isolasi underfloor heating tertentu harus diambil.


SISTEM SANITASI PVC
Apa itu PVC?

PVC, juga dikenal sebagai polyvinyl chloride, adalah polimer yang dibentuk oleh polimerisasi vinyl chloride monomer (VCM) dengan adanya peroksida, senyawa azo dan inisiator lainnya atau di bawah pengaruh cahaya dan panas sesuai dengan mekanisme reaksi polimerisasi radikal bebas. Vinyl chloride homopolymer dan vinyl chloride copolymer secara kolektif disebut sebagai resin vinyl chloride.


Dapatkah pipa sanitasi PVC digunakan untuk mengangkut gas bertekanan tinggi?

Tidak. Pipa drainase PVC tidak cocok untuk mengalirkan gas bertekanan tinggi, dan Anda dapat memilih pipa lain dari RIIFO



Apakah pipa PVC mengandung plasticizer?

Pipa PVC RIIFO memenuhi standar yang baku dan plasticizer tidak diizinkan untuk ditambahkan ke produksinya.



Apakah pipa PVC RIIFO memiliki sifat tahan api?

Tahan api suatu bahan diukur dengan Limiting Oxygen Index (LOI), yang merupakan persentase oksigen yang dibutuhkan untuk mempertahankan api menyala di atmosfer sekitarnya.
Secara umum diyakini bahwa LOI<22% adalah bahan yang mudah terbakar, LOI 22%-27% adalah bahan yang sedikit mudah terbakar, dan LOI>27% adalah bahan tahan api. LOI pipa PVC rigid adalah sekitar 45, yang merupakan bahan tahan api.



Apakah pipa PVC RIIFO dapat didaur ulang?

PVC sangat cocok untuk didaur ulang. Selain itu, karena termoplastisitasnya, PVC dapat didaur ulang beberapa kali tanpa penurunan kinerja yang signifikan.



Apa fitting trap yang direkomendasikan?

Fitting trap yang paling umum adalah trap P atau S untuk di bawah wastafel, atau trap untuk di bawah toilet.


SISTEM PIPA GAS
Jenis gas apa yang dapat diangkut oleh sistem perpipaan gas multilayer RIIFO?

Baik gas alam maupun bahan bakar gas cair dapat diangkut dengan pipa gas RIIFO.



Dapatkah saya menggunakan alat kelengkapan pipa air untuk menyambung ke sistem

Tidak. Fitting untuk pipa air menggunakan gasket O-ring ethylene propylene diene rubber (EPDM), dan fitting untuk pipa gas menggunakan sealing ring karet nitril (NBR). Penggunaan campuran dapat menyebabkan risiko kebocoran.


Dapatkah pipa PE-AL-PE Gas RIIFO digunakan dalam kombinasi dengan sambungan or

RIIFO tidak merekomendasikan penggunaan pipa Gas PE-AL-PE yang digabungkan dengan sambungan dari pabrikan lain karena belum diverifikasi oleh sistem. 


Apakah mudah memasang pipa PE-AL-PE Gas RIIFO? Adakah yang bisa menginstalnya?

Instalasi Sistemnya sederhana, RIIFO merekomendasikan agar perpipaan dan koneksi Sistem dipasang oleh tukang ledeng yang berkualifikasi.


Bagaimana saya bisa menyembunyikan sistem gas saya?

Pertama-tama, Anda harus memastikan apakah peraturan setempat mengizinkan pemasangan pipa gas secara tersembunyi.

Apabila diizinkan untuk memasang pipa Gas PE-AL-PE secara tersembunyi, maka harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

a) La parte oculta no debe tener conexiones.

b) Las tubería deben cubrirse después de pasar la prueba de hermeticidad, y el grosor de la capa de cobertura no debe ser inferior a 10 mm.

c) La zona de instalación oculta deberá tener señales evidentes que indiquen la ubicación de la tubería de gas, u otras medidas de protección de seguridad.


Diameter luar pipa tersembunyi tidak boleh melebihi 25mm (3/4”) dan tinggi pipa tersembunyi horizontal di dinding dari tanah.

Ketika pipa melintasi pelat, lantai, dinding atau bagian lain, itu harus dilapisi atau dikubur dalam selubung sesuai dengan persyaratan desain dengan konstruksi sipil, dan diameter bagian dalam lubang atau selubung harus 30m hingga 40mm lebih besar dari diameter luar pipa.

SISTEM SALURAN PVC
Dapatkah pipa PVC Conduit dan aksesori RIIFO-nya dikubur dalam beton?


Yes.



Standar apa yang berlaku untuk pipa PVC Conduit dan sambungan listrik?

IEC 61386-21.

Berapa kapasitas insulasi pipa PVC Conduit dan koneksi RIIFO?

Mereka dapat menahan tegangan AC 2000V dan resistansi isolasi lebih besar dari 100mΩ.


Apa ketahanan kimia tabung dan segel Saluran RIIFO, apakah Anda memiliki data?



PVC memiliki stabilitas kimia yang baik dan dapat menahan berbagai alkohol, lemak, minyak dan bensin tanpa hidrokarbon aromatik. Itu juga dapat menahan agen korosif yang paling umum, termasuk asam anorganik, alkali dan garam (tahan terhadap asam klorida pekat, asam sulfat 90%, asam nitrat 60% dan natrium hidroksida 20%). , dll.). Namun, PVC tidak boleh digunakan dengan ester, keton, eter, hidrokarbon aromatik, atau hidrokarbon terklorinasi. Selain itu, dimetilformamida (DMF), piridin, dan tetrahidrofuran juga akan berdampak lebih besar pada PVC. PVC akan menyerap zat-zat ini, menyebabkan pembengkakan dan penurunan kekuatan tarik.


Dapatkah pipa dan sambungan RIIFO Conduit dipasang langsung di luar ruangan?

Tidak. Pipa dan fitting PVC RIIFO tidak cocok untuk dipasang di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung. Permukaan pipa akan kehilangan kilau dan mengkristal.

Paparan PVC terhadap radiasi ultraviolet dari matahari akan menyebabkan molekul PVC pada permukaan yang terpapar berubah secara permanen menjadi struktur kompleks yang diwakili oleh pembentukan poliena. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna pada probe, umumnya dikenal sebagai "perubahan warna ultraviolet" dan "degradasi ultraviolet".